بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ


CARA MEMPARTISI HARDDISK PADA WINDOWS 7


Membuat Partisi pada Windows 7


Membuat Partisi pada Windowspada Sistem Operasi Microsoft sebelumnya misalnya Windows sebenarnya juga bisa dengan mudah membuat partisi tetapi tidak bisa secara langsung ketika sistem operasi windows sedang dijalankan, kecuali menggunakan software bantu tertentu. Kelebihan pada Windows 7 adalah bisa langsung membuat partisi pada windows tanpa bantuan software lain. Ketika Windows 7 diistall untuk pertama kali biasanya langsung menggunakan satu partisi saja yaitu drive C: sebagai partisi. Partisi inilah yang akan kita bagi pada tutorial ini. Pembagian partisi ini dikenal dengan Shrinking the System Partition.

Catatan: Meskipun artikel ini secara khusus membahas membagi partisi sistem, prosedur yang diuraikan di sini dapat digunakan untuk mengecilkan partisi APAPUN, tidak hanya partisi sistem. Juga perlu dicatat bahwa membagi partisi sistem tidak memerlukan reboot dan tidak menghilangkan file apapun pada drive yang dibagi.

Inilah langkah-langkahnya;



Silakan anda log on sebagai Administrator.
Masuk ke [Control Panel > System and Maintenance > Administrative Tools > Computer Management]. Cara lain adalah klik kanan pada ikon Komputerpada desktop lalu pilih [Computer Management]. Jika Anda diminta untuk memasukkan sandi administrator atau konfirmasi, ketik sandi atau memberikan konfirmasi.
Klik tanda panah pada [Storage] dan akan terbuka Disk Management console. Lihat gambar dibawah!

4. Pilih partisi hard disk yang akan dibagi, misalnya dalam contoh ini Drive C.

5. Klik kanan disk yang akan dibagi dan pilih [Shrink Volume].

6. Proses akan memakan waktu beberapa saat, sampai sistem memperlihatkan struktur partisi.

7. Pada jendela berikut secara default sistem akan langsung membagi besarnya masing-masing partisi lama dan baru. Anda bisa mengubah ukuran partisi tersebut. Harap dicatat, sekali lagi, bahwa ukuran ini berhubungan dengan jumlah aktual ruang kosong di partisi yang akan dibagi. Anda tidak dapat mengambil ruang melebihi jumlah fragmentasi file pada partisi tersebut. Jika sudah selesai, klik tombol [Shrink].



8. Proses ini akan selesai cukup cepat, dan reboot TIDAK diperlukan. Anda dapat melihat ukuran partisi baru. Proses selesai.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran yang sangat berguna serta membawa manfaat yang besar dan dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini dengan syarat-syarat sebagai berikut :
✖Komentarlah sesuai tema
✖Komentarlah dengan baik dan sopan
✖Jangan berkomentar SARA
✖Jangan sampai Spam
✖Jangan Asal COPAS. kalau mau COPAS. silahkan sertakan link sumber

(-‿-) Trimakasih (-‿-)
@OFFICIAL ICT

 
ICT SMANCOL © 2014. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top