بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Database Management System (DBMS) terbagi menjadi lima model diantaranya model yang paling lama diperkenalkan pada tahun 1960-an yaitu model yang bersifat hierarkis dan jaringan. sedangkan model yang lebih baru yaitu model yang bersifat relasional, berorientasi objek, dan multidimensional.
Mari kita bahas satu persatu mengenai lima model DBMS tersebut diantaranya:
1    1 .     Database Hierarkis
Pada database hierarkis, field atau record diatur dalam kelompok kelompok yang berhubungan menyerupai diagram pohon. Dengan record child (level lebi rendah) berada dibawah record parent (level lebih tinggi).  Dalam model database ini mengakses atau mengupdate data bisa berlangsung sangat cepat karena hubungan-hubungan sudah dientukan. namun karena struktur harus di definiskan terlebih dahulu maka hal ini cukup riskan terhadap data. Oleh karena itula diperlukan database model baru untuk menunjukkan masalah pengulangan data dan hubungan data yang kompleks.
www.ict-smancol.blogspot.com
2   2 .     Database Jaringan
Konsep database model jaringan mirip dengan database hierarkis. Tetapi setiap record child dapat memiliki lebih dari satu record parent, selanjutnya setiap record child dapat dimiliki oleh lebih dari satu record parent. Database jaringan pada dasarnya digunakan dengan mainframe, lebih fleksibel dibandingkan dengan database model hierarkis karena adanya hubungan yang berbeda antar cabang data. Akan tetapi strukturnya masih harus didefinisikan lebih dahulu. Pengguna harus sudah terbiasa dengan struktur database. Lagipula jumlah hubungan antara record juga terbatas, dan untuk menguji sebuah field seseorang harus mendapatkan kembali semua record.

3   3 .     Database relasional
Database relasional bekerja dengan menghubungkan data pada file yang berbeda dengan menggunakan sebuah kunci atau elemen data yang umum.
www.ict-smancol.blogspot.com
4   4 .     Database berorientasi objek
Model ini menggunakan objek sebagai perangkat lunak yang dirulis dalam potongan kecil yang dapat digunakan kembali sebagai elemen dalam file database. Database berorientasi objek adalah sebuah database multimedia yang bias menyimpan lebih banyak tipe data dibandingkan dengan database relational. Seperti halnya database hypertext atau database web (memuat text dan dihubungkan dengan dokumen lain) dan database hypermedia (memuat link, grafis, suara, dan video).
Contoh: database DB2, Oracle9i,dll

5   5 .     Database multidimensial
Database multidimensial (MDA) memodelkan data sebagai fakta, dimensi, atau numeric untuk menganalisis data dalam jumlah besar, dimana tujuannya adalah untuk mengambil keputusan. Database multidimensial menggunakan bentuk kubus untuk merepresentasikan dimensi-dimensi data yang tersedia bagi seorang pengguna, maksimal empat dimensi.
Contoh: intersystem Cache, Cognoa PowerPlay,dll


0 comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran yang sangat berguna serta membawa manfaat yang besar dan dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini dengan syarat-syarat sebagai berikut :
✖Komentarlah sesuai tema
✖Komentarlah dengan baik dan sopan
✖Jangan berkomentar SARA
✖Jangan sampai Spam
✖Jangan Asal COPAS. kalau mau COPAS. silahkan sertakan link sumber

(-‿-) Trimakasih (-‿-)
@OFFICIAL ICT

 
ICT SMANCOL © 2014. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top